Scroll to continue reading
Hati-Hati, Shopee Blokir Akun dan Potong Dana Penjualan

Hati-Hati, Shopee Blokir Akun dan Potong Dana Penjualan

Selamat pagi, di postingan ini saya kembali membuat tulisan kekecewaan terhadap Shopee dengan kronologi saat tanggal  30 Oktober 2023 tiba-tiba akun saya kena blokir Shopee dengan alasan terdapat aktivitas yang mencurigakan seputar transaksi pesanan padahal saya berjualan seperti biasanya tanpa melanggar ketentuan dari Shopee dan pembeli tidak memiliki keluhan terhadap pesanan yang dibelinya

Padahal akun saya sudah Platinum/Premium tetapi tanpa sebab yang jelas dan investigasi yang mendalam akun saya tiba-tiba kena blokir sepihak oleh shopee.

akun shopee diblokir tidak bisa login

Kemudian saya mencoba melakukan pengajuan pemulihan akun dan ternyata berhasil diakses lagi akun saya walaupun akun saya ini sudah tidak bisa dipakai buat jualan ataupun membeli belanja barang lagi. Selanjutnya saya berinisiatif untuk menarik semua hasil penjualan saya di Shopee dan anehnya saya tidak bisa menarik semua hasil uang dagangan saya hanya bisa menarik sebagian saja karena ada dana saya yang di tahan oleh Shopee.

Dana saya yang tertahan oleh Shopee sekitar 1,6 juta dan tidak bisa ditarik. Saya juga sudah mencoba menghubungi pihak shopee namun tidak ada hasil sampai saat ini.

tidak bisa tarik uang hasil penjualan di shopee

tidak bisa menarik uang di shopee di batasi

Dan yang membuat kesal lagi ada pesanan dari pembeli yang membuat pengajuan pengembalian dengan nomor transaksi 231015035M75PV terbatalkan dan dikembalikan oleh jasa kirim. Ternyata Shopee 

Tidak segera mengembalikan dana dari pesanan yang sudah dibatalkan itu dengan total sekitar Rp1,6 juta kepada si pembeli walaupun si pembeli tidak sengaja telah mengklik pesanan diterima dan katanya dananya sudah di masuk ke akun penjualan saya tetapi apa dana tersebut nyatanya dana tersebut telah dipotong atau disesuaikan oleh Shopee senilai Rp1,6 juta. 

Dan yang membuat saya muak oleh sikap Pihak Shopee yang sengaja untuk lepas tangan, seolah-olah saya sebagai penjual yang wajib mengembalikan dana tersebut ke pelanggan saya.

Saya juga sudah mendapati bahwa pihak pembeli memang telah berkali-kali mencoba untuk komplain ke pihak Shopee akan tetapi  secara sepihak pihak shopee menutup sepihak. Yang menangani kasus saya ini adalah CS Shopee dengan nickname Romeo.

Dan kata si Pembeli juga telah mengajukan komplain lagi dan ternyata jawabannya juga tetap sama dan seolah-olah Shopee memang sudah lepas tangan dan menyarankan pembeli segera membuat diskusi sendiri dengan saya sebagai penjual.

Saya Sebagai penjual tidak sepakat tentang kasus ini karena saya sebagai penjual merasa dana hasil penjualan tersebut sudah dipotong atau disesuaikan oleh Tim Shopee dan yang membuat saya sedih adalah Saldo penjualan tersebut saat ini sudah menjadi 0 entah kemana larinya uang tersebut yang intinya belum Saya tarik uangnya sebagai penjual akan tetapi dipotong sepihak atau disesuaikan oleh Shopee seenaknya sendiri.

pemotongan saldo sepihak oleh shopee

Dengan ditulisnya postingan ini saya harap pihak SHopee memahami keluhan penggunanya agar secepatnya dikasih jalan terbaik agar tidak ada yang dirugikan. Saya tidak mengharapkan dana hasil penjualan saya yang terbatalkan tersebut akan tetapi pembeli saya sebaiknya diperhatikan lagi agar dapat menerima kembali haknya atas pesanan yang terbatalkan tersebut dari hasil pemotongan saldo penjualan tadi.

Post a Comment
TULIS KOMENTAR